Header Ads

Wagub NTB pimpin menanam bakau pada Gerakan Save Teluk Bima



Bima, NTB (ANTARA) - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Hj. Sitti Rohmi Djalilah bersama Bupati Bima, Indah Damayanti Putri, Wali Kota Bima, H.M. Lutfi dan para relawan melakukan penanaman pohon cemara laut dan mangrove atau bakau dalam rangka Gerakan Save Teluk Bima, Minggu.

Dalam keterangan tertulis diterima wartawan, kegiatan tersebut berlangsung di Desa Kananta, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima yang letaknya berada di kawasan Teluk Bima. Penanaman tersebut digelar dalam rangka Gerakan Save Teluk Bima dan Jambore Pengurangan Risiko Bencana (PRB) yang digagas Pemerintah Kota dan Kabupaten Bima.

Wakil Gubernur Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengatakan bahwa penanaman pohon tersebut merupakan orientasi bagaimana menjadikan Kabupaten dan Kota Bima serta NTB secara umum berada pada level tangguh bencana.

"Kita ingin ke depan, semua desa kita tangguh bencana," ujarnya.

Ia memuji Bupati dan masyarakat Kabupaten Bima yang memiliki komitmen tinggi terhadap lingkungan mulai dari anak-anak hingga orang tua. Umi Rohmi terus mendorong seluruh masyarakat untuk peduli pada lingkungan serta tidak perlu berkecil hati atas apa yang telah terjadi pada lingkungan selama ini.

"Yang perlu dilakukan ke depan adalah terus memperbaiki lingkungan dan perlu diingat bahwa memperbaiki lingkungan itu tidak semudah membalikkan telapak tangan," katanya.

Bupati Bima, Hj. Dinda Damayanti Putri menyampaikan Kabupaten Bima tercatat sebagai daerah yang berisiko terhadap bencana. Salah satunya karena daerah ini berada dalam kawasan ring of fire. Namun, di era modern seperti saat ini, banyak bencana diakibatkan oleh aktivitas manusia.

"Kegiatan Apel Kesiapsiagaan ini sangat strategis dalam rangka menyatukan persepsi dan koordinasi. Begitu juga dengan kegiatan penanaman pohon menjadi hal yang sangat dibutuhkan," ucapnya.

Musibah yang terjadi selama ini memberi pelajaran dan wawasan kepada masyarakat mengenai pentingnya reboisasi bagi lingkungan. Ini katanya, bertujuan untuk membangun kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana.

"Kita ingin membangun partisipasi semua pihak untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan kesiapsiagaan bencana seperti edukasi kebencanaan, evakuasi mandiri, latihan kesiapsiagaan dilakukan oleh individu keluarga," jelasnya.

Dae Dinda, sapaan akrab Bupati Bima itu mengajak semua pihak, mulai dari anak-anak hingga orang tua untuk menjaga alam dengan menanam.

"Kita jaga alam, alam jaga kita," katanya. (PN)








No comments

Powered by Blogger.