Header Ads

Presiden: Berdampingan Itu Tidak Menyerah, Tapi Sesuaikan Diri dengan Protokol Kesehatan


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan bahwa maksud berdampingan itu justru semua tidak menyerah, tapi menyesuaikan diri dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan.
“Kita lawan keberadaan virus Covid-19 tersebut dengan mengedepankan dan mewajibkan protokol kesehatan yang ketat, yang harus kita laksanakan,” ujar Presiden Jokowi saat memberikan keterangan yang disampaikan melalui akun media sosial youtube, Jumat (15/5).
Lebih lanjut, Presiden juga mengemukakan bahwa Pemerintah akan mengatur agar kehidupan semua berangsur-angsur dapat kembali berjalan normal sambil melihat dan memperhatikan fakta-fakta yang terjadi di lapangan.
“Saya tekankan, keselamatan masyarakat tetap harus menjadi prioritas. Ini jangan dibenturkan sebagai sebuah pilihan, ini bukan dilema,” imbuh Presiden Jokowi.
Kehidupan yang sekarang, menurut Presiden Jokowi sudah pasti berubah untuk mengatasi risiko wabah ini, itu keniscayaan. Ia menambahkan bahwa itulah yang oleh banyak orang disebut sebagai new normal atau tatanan kehidupan baru.
“Tapi kehidupan yang berbeda itu bukanlah kehidupan yang penuh pesimisme atau ketakutan. Kita kembali, kita kembalikan produktivitas kita dengan optimisme karena kita juga tetap menerapkan berbagai mekanisme pencegahan,” tandas Presiden.
Kepala Negara menegaskan bahwa penyakit ini berbahaya, tapi bisa dicegah dan dihindarinya sebagaimana telah disampaikan berkali-kali yakni jaga jarak yang aman, cuci tangan setelah beraktivitas, pakai masker.
“Jadi dalam tatanan kehidupan baru nanti, memang itu yang harus kita pegang,” kata Presiden.
Dalam hal beraktivitas, menurut Presiden, semua memang harus berkompromi dengan Covid-19, bisa hidup berdampingan dengan Covid-19. 
“Yang kemarin saya bilang, kita harus berdamai dengan Covid-19. Karena informasi terakhir dari WHO (World Health Organization) yang saya terima bahwa meskipun kurvanya sudah agak melandai atau nanti menjadi kurang, tapi virus ini tidak akan hilang,” terang Presiden.
Artinya, Presiden menegaskan sekali lagi bahwa semua harus berdampingan hidup dengan Covid-19.
“Sekali lagi, yang penting masyarakat produktif dan aman dari Covid-19,” tandas Presiden.




No comments

Powered by Blogger.