Header Ads

Terjadi Penolakan, Acara KAMI di Karawang Dibubarkan

 


Karawang - Setelah mendapat penolakan, deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) di Regasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akhirnya dibubarkan, Rabu (30/9/2020). Acara KAMI Karawang di Tugu Proklamasi Rengasdengklok itu rencananya bakal dihdiri mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo. Namun, acara itu mendapat penolakan dari organisasi masyarakat Gibas.

Mereka membawa spanduk bertuliskan, 'Aliansi Kerakyatan Anti Makar sebagai respons untuk membela persatuan nasional "akar rumpun" dan segenap masyarakat Karawang menolak deklarasi KAMI dan Gatot Nurmantyo di Karawang'. Pada tulisan spanduk itu juga tertulis, 'Jangan kotori Karawang dengan politik kotor. Akar Rumpun Mendukung KITA, menolak KAMI'. 

Selain itu, Ormas tersebut meminta deklarasi tersebut dibubarkan dengan alasan melanggar protokol kesehatan. "Karawang zona merah Covid-19, takutnya nanti akan ada penularan baru di Karawang ini. Masyarakat di sini gelar hajatan saja dibubarkan oleh Kepolisian, enggak boleh ada ramai- ramai. Ini kumpul begini jangan didiamkan," ujar Panglima Gibas Karawang Roni Karembong.

Apabila tidak mau bubar, anggota Ormas Gibas berencana membubarkan secara paksa massa KAMI yang hadir. "Dalam waktu 30 menit harus bubar. Kalau tidak, kita akan paksa bubarkan," kata Roni.

Petugas Satpol PP kemudian datang ke lokasi dan memberikan imbauan dan menyampaikan surat edaran Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Karawang. Surat edaran itu perihal protokol kesehatan dan melarang pengumpulan orang dalam jumlah banyak. Satpol PP juga menyampaikan aturan yang dibuat oleh Polri di massa pandemi Covid-19. "Saat ini terjadi peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Karawang, sehingga diminta kegiatan pengumpulan massa dapat dilakukan secara daring atau virtual," kata seorang petugas Satpol PP

Setelah itu, massa KAMI akhirnya membubarkan diri. Polisi dan Satpol PP kemudian menghalau agar massa KAMI maupun Gibas membubarkan diri. Presidium KAMI Karawang Elyasa Budianto mengatakan, meski dibubarkan, KAMI sudah melakukan deklarasi pada Rabu pagi secara live streaming di media sosial. Ia mengaku tak masalah apabila kegiatan kali ini dibubarkan. "Yang pasti saya sampaikan jika deklarasi sudah terjadi. Tadi kami jam 09.00 pagi sudah deklarasi. Jadi kami sudah eksis di Kabupaten Karawang, dan utamanya deklarasi sudah terjadi," ujar Elyasa. 

Meski begitu, KAMI Karawang tetap menggelar nonton bareng film G30S PKI di rumah salah satu anggota KAMI. "Sebenarnya kita sudah live streaming juga. Tapi kami akan lanjutkan nonton bareng film G30S PKI di rumahnya Pak Haji Dadai," kata Elyasa.


No comments

Powered by Blogger.