Header Ads

Presiden Jokowi: Vaksin Merah Putih Insya Allah Diproduksi Akhir Tahun

 


Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan vaksin Merah Putih yang merupakan buatan ilmuwan dalam negeri diperkirakan siap diproduksi pada Desember atau akhir tahun 2021.

"Saya perintahkan percepat produksi vaksin kita sendiri, vaksin merah putih. Tapi ini memerlukan waktu, mungkin baru akhir tahun Insya Allah bisa diproduksi," kata Jokowi saat memberikan arahan dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri 2021 di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (15/2/2021).

Menurut Jokowi saat ini pemerintah sedang berupaya keras memperoleh vaksin dari beberapa negara. Namun ia mengakui bahwa saat ini yang baru tiba di Indonesia hanya dari satu negara, yakni dari China.

"Tapi kita berusaha dari bebedapa negara dan itu jadi rebutan 215 negara ini yang harus sadar tidak mudah mendapatkan vaksin sekarang ini," terang Jokowi.

Jokowi menambahkan, untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok, vaksinasi harus dilakukan terhadap 80 persen penduduk atau 182 juta orang.

"Artinya kita menyuntik 364 juta suntikan (satu orang dua kali disuntik). Ink bukan angka kecil. Karena angka ini akan menghasilkan kekebelan komunal herd immunity. Saya minta jajaran TNI-Polri untuk cepat bergerak membantu vaksinasi agar segera bisa selesaikan. Dan saya minta TNI-Polri mengawal distribusi pengamanan vaksin untuk menuju ke daerah," pungkasnya.


No comments

Powered by Blogger.