Header Ads

Wajib Tahu, Protokol Kesehatan saat Sholat Tarawih di Masjid

 


SALAH satu ibadah berpahala besar di bulan Ramadhan adalah menunaikan Sholat Tarawih berjamaah di masjid. Tapi di masa pandemi covid-19 ini Sholat Tarawih di masjid wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Ini demi mencegah penularan wabah penyakit.

Sholat Tarawih sendiri merupakan salah satu sunah yang dianjurkan atau muakkad. Ini artinya tidak mengapa apabila belum bisa melaksanakannya karena udzur atau ada halangan.


Seperti halnya di masa pandemi covid-19, semua tempat termasuk masjid dibatasi demi menjalankan protokol kesehatan pencegahan wabah penyakit.

Lantas, bagaiamana penerapan protokol kesehatan cegah covid-19 saat Sholat Tarawih di masjid?

Dirangkum dari unggahan akun Instagram Pemerintah Provinsi DKI Jakarta @dkijakarta, Jumat (7/5/2021), berikut ini enam poin protokol kesehatan covid-19 saat Sholat Tarawih berjamaah di masjid. 

1. Jumlah kehadiran jamaah Sholat Tarawih paling banyak 50 persen dari kapasitas bangunan.

2. Masjid dianjurkan digunakan oleh jamaah dari lingkungan setempat.

3. Kajian atau ceramah setelah Sholat Tarawih dilaksanakan paling lama 15 menit.

4. Jamaah membawa dan menggunakan alat sholat pribadi.

5. Tadarus diimbau dilakukan di rumah.

6. Buka puasa dan sahur diimbau dilakukan di rumah bersama keluarga. 

Kemudian hal yang perlu diingat, selama berada di area masjid, pengurus dan jamaah wajib disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M: Memakai masker, Menjaga jarak (tidak berkerumun), dan Mencuci tangan.  

Sementara itu dirangkum dari unggahan akun Instagram @lawancovid19_id, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menetapkan hukum untuk sholat berjamaah saat masa pandemi covid-19, di antaranya:

1. Menjaga jarak saat sholat berjamaah dengan meregangkan saf hukumnya boleh. Sholat akan tetap sah dan tidak kehilangan keutamaan berjamaah.

2. Menggunakan masker yang menutup mulut dan hidung saat sholat hukumnya boleh dan sholatnya pun sah.

Wallahu a'lam bishawab.

No comments

Powered by Blogger.