Header Ads

3 Bansos Tunai Kemensos yang Cair Juli 2021: PKH hingga BST

 3 Bansos Tunai Kemensos yang Cair Juli 2021: PKH hingga BST - Ilustrasi uang. [suara.com/Kurniawan Mas'ud]

Portal NTB - Pada bulan Juli 2021, ada 3 bantuan sosial (bansos) tunai dari Kementerian Sosial dijadwalkan akan segera cair. Apa saja 3 bansos tunai Kemensos yang cair Juli 2021 ini?

Masyarakat bisa login melalui link resmi yang disediakan oleh Kemensos untuk cek data penerima dan status pencairan dana 3 bansos tunai Kemensos yang cair Juli 2021 tersebut. Hanya menggunakan data KTP untuk login di link cekbansos.kemensos.go.id.

Ada 3 bansos tunai Kemensos yang cair Juli 2021 yaitu BSTPKH, atau Kartu Sembako. Masyarakat bisa mengetahui apakah lolos menjadi penerima dana atau tidak melalui cekbansos.kemensos.go.id.

1. Bansos PKH

Dana bansos Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 3 akan dijadwalkan kembali cair pada bulan Juli 2021 melalui rekening bank masing-masing penerima. Adapun besaran dan bansos yang akan diterima oleh masyarakat berbeda-beda, tergantung dengan jenis dan golongan masing-masing masyarakat.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyampaikan pencairan dana bansos PKH tahap tiga akan dipercepat sesuai dengan intruksi Presiden. Presiden Joko Widodo memberikan instruksi agar dilakukan akselerasi pembayaran pada minggu ini, terutama untuk PKH agar dimajukan yang untuk kuartal III. 

2. Bansos Kartu Sembako

Seperti yang telah diketahui, bahwa bansos Kartu Sembako cair setiap bulan hingga Desember 2021 mendatang dengan besaran dana bantuan Rp 200 ribu per bulan. Bansos Kartu Sembako ini juga direncanakan kembali cair awal bulan Juli 2021 sebagai langkah percepatan saat PPKM Darurat.

3. BST

Bantuan Sosial Tunai (BST) juga akan cair lagi bulan Juli 2021 ini, setelah sebelumnya cair pada bulan Januari hingga April 2021. Adapun dana bantuan BST yang akan diterima oleh masyarakat di bulan Juli adalah sebesar Rp 600 ribu.

Dana tersebut merupakan besaran dana bansos yang diterima pada bulan Mei dan Juni 2021, di mana masing-masing sebesar Rp 300 ribu dan akan cair pada bulan Juli 2021 ini. 

Cara Cek Penerima Bansos di cekbansos.kemensos.go.id

Anda bisa cek data penerima dan status penyaluran dana bansos PKH melalui link resmi cekbansos.kemensos.go.id. Selengkapnya, berikut ini cara cek data penerima dan status pencairan dana bansos tunai dari Kemensos melalui link resmi cekbansos.kemensos.go.id:

  • Pertama, Anda harus menyiapkan KTP.
  • Lalu buka link cekbansos.kemensos.go.id.
  • Masukkan data Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, Desa, dan nama penerima sesuai KTP pada kolom yang telah tersedia. 
  • Lalu ketik kode captcha lengkap dengan spasi, atau klik reset jika kode sulit dibaca. 
  • Yang terakhir klik Cari Data. 

Maka link cekbansos.kemensos.go.id akan menampilkan hasil pencarian. Jika Anda lolos, maka data Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan/Desa, serta data penerima seperti nama, umur, jenis bansos yang diterima dan status penyaluran bantuan akan muncul pada link cekbansos.kemensos.go.id tersebut.

Itulah 3 bansos tunai Kemensos yang cair Juli 2021 yaitu BST, PKH, atau Kartu Sembako. Jika sudah terdaftar, pastikan nama anda tercantum di situs cekbansos.kemensos.go.id.

No comments

Powered by Blogger.