Header Ads

BIN NTB Gencarkan Vaksinasi Selama Ramadhan


Dompu - Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah NTB terus melanjutkan Vaksinasi untuk dosis satu hingga booster bagi masyarakat umum selama Ramadan. Upaya itu dilaksanakan untuk mempermudah masyarakat dalam memenuhi syarat mudik Lebaran.


Kepala BIN Daerah NTB, Wara Winahya menyebutkan, pihaknya menjadikan fasilitas umum seperti Masjid hingga Mall dijadikan sentra vaksinasi karena di lokasi tersebut masyarakat banyak beraktivitas selama bulan Ramadhan. Pola aktivitas masyarakat yang berubah semenjak Ramadan ini dimanfaatkan untuk mengakselerasi vaksinasi booster yang diprogramkan pemerintah.


"Aktivitas masyarakat cenderung lebih banyak pada malam hari, seperti Salat Tarawih, Tadarusan, Iktikaf di Masjid hingga berbelanja di mall untuk persiapan Lebaran. Jadi, masyarkat tetap bisa beraktivitas ibadah maupun berbelanja sambil mengikuti vaksinasi," ucap dia. 


Pada pelaksanaanya, kata Wara,  jajarannya berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan terkait dalam program vaksinasi keliling. Mulai dari Dewan Masjid Indonesia (DMI), RS, Puskesmas dan Dikes setempat. Prinsipnya kolaborasi dan sinergitas dengan pihak terkait tetap dikedepankan dalam percepatan vaksinasi ini. 


"Tanpa sinergitas dengan para pemangku kepentingan daerah ini, kami Binda NTB tidak akan mampu mencapai target vaksinasi 6.000 dosis setiap harinya", ujarnya. 


Untuk diketahui bahwa, Binda NTB sejak Januari 2022 hingga saat ini telah menyalurkan vaksinasi sebanyak 311.614 dosis. Ditargetkan hingga Desember 2022 sebanyak 2.1 juta dosis vaksin akan disalurkan kepada masyarakat NTB. Dengan demikian diharapkan pandemi ini segera berakhir. 


Disisi lain, Wara juga mengimbau masyarakat untuk tetap memerhatikan protokol kesehatan saat berpegian ke luar rumah. Kombinasi antara disiplin menerapkan protokol kesehatan dan akselerasi vaksinasi dipastikan menjadi solusi dalam mempersiapkan transisi dari pandemi Covid-19. menuju endemi.


"Saya mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi baik dosis satu hingga booster dan selalu menerapkan prosedur kesehatan, sehingga kita bisa akhiri pandemi ini dengan segera," jelas dia.

No comments

Powered by Blogger.