Header Ads

Meski Hari Libur, Binda NTB Tetap Gelar Vaksinasi Massal di Kab. Dompu

 


Kab. Dompu - Binda NTB bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu gelar vaksinasi massal untuk keamanan masyarakat dalam menjalani mudik Ramadhan maupun ibadah selama bulan Ramadhan 2022. Meski hari libur, kegiatan tetap dilaksanakan, tepatnya di Gedung PKM Dompu Kota dengan sasaran dosis 1, 2, dan Booster.


Selain melaksanakan vaksinasi pada pagi hari, Binda NTB juga melaksanakan vaksinasi massal pada malam hari, tepatnya usai shalat tarawih, di 10 Kab/Kota yang ada.


"Akselerasi vaksinasi oleh Binda NTB pada malam hari ini telah diselenggarakan sejak 5 April pada awal puasa Ramadhan hampir di seluruh wilayah NTB. Metode vaksinasi jemput bola ini kita galakkan guna mencegah lonjakan kasus positif usai lebaran nanti," ujar Kepala BIN Daerah NTB, Wara Winahya dalam keterangan tertulis, Kamis, 14 April 2022. 


Menurut dia, vaksinasi malam hari merupakan terobosan baru dari BIN untuk mempermudah masyarakat mendapatkan vaksinasi. Hal ini lantaran pola aktivitas masyarakat berubah semenjak Ramadan.


"Aktivitas masyarakat cenderung lebih banyak pada malam hari, seperti Salat Tarawih, Tadarusan, Iktikaf di Masjid hingga berbelanja di mall untuk persiapan Lebaran. Jadi, masyarkat tetap bisa beraktivitas ibadah maupun berbelanja sambil mengikuti vaksinasi," ucap dia. 


Direncanakan, pada Sabtu malam minggu ini (16/4), Binda NTB juga akan menggelar vaksinasi di halaman Masjid Babussalam, Kec. Lembar, Kab. Lobar bekerjasama dengan DMI dan Dikes Lobar. Kemudian, juga akan digelar di pusat perbelanjaan Mall Mataram bekerjasama dengan RSUD Mataram. 


“Masyarakat tidak perlu khawatir lagi untuk mencari vaksin booster sebagai syarat mudik. Kami sudah siapkan beberapa posko di Masjid hingga Mall untuk masyarakat datang menerima vaksin,”ujarnya. 


Wara mengingatkan masyarakat bahwa vaksinasi ini sangat penting tidak hanya mencegah lonjakan kasus pasca lebaran. Dengan vaksinasi, rasio kasus positif covid-19 dapat terus dijaga di bawah lima persen sesuai standar aman WHO dan Indonesia bisa segera transisi dari pandemi ke endemi.


"Vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dalam menyambut lebaran. Ketika sudah divaksin, masyarakat akan memiliki imunitas yang lebih tinggi, sehingga masyarakat bisa berlebaran dan bertemu sanak keluarga tanpa khawatir ancaman covid-19," tutur dia.

No comments

Powered by Blogger.