Header Ads

Otsus dan DOB Papua Layak Didukung Penuh





Upaya Pemerintah dalam memperjuangkan Otsus Papua mulai menunjukan keberhasilannya, dengan adanya pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua Tengah, kini Otsus Papua mendapatkan banyak dukungan penuh dari warga Kabupaten Mimika, Papua. Pada akhirnya warga dapat melihat tujuan pemerintah dari Pemekaran Wilayah semata-mata untuk mensejahterakan warga Papua. 


Dukungan penuh warga Mimika terlihat jelas dari adanya aksi turun ke jalan dalam rangka memberikan dukungan kepada pemerintah. Menurut informasi dari beberapa pemberitaan, Ribuan warga yang mengikuti aksi terdiri dari 18 perwakilan dari setiap suku di Timika menggelar deklarasi dukungan untuk Provinsi Papua Tengah, Massa yang hadir juga berasal dari Masyarakat seluruh Meepago dan Masyarakat Nusantara.


Suku Amungme bersama suku Kamoro juga turut menyatakan menerima Ibu Kota Provinsi Papua Tengah yang di tempatkan di Timika. Dukungan yang dilakukan tersebut adalah salah satu upaya penyelesaian konflik di Papua secara bermartabat demi tercapainya Papua Damai. Kini terbukti bahwa Otsus Papua juga dipercaya dapat mendorong penyelesaian masalah Papua secara rekonsiliasi dan restitusi menuju papua yang aman.


Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa Otsus Papua memiliki begitu banyak Problematika. terjadinya pro dan kontra pada langkah pemerintah ini juga sedikit banyak menjadi faktor penyebab sedikit terhambatnya program tersebut. Saya yakin, mereka yang kemarin turun ke jalan untuk mendukung kebijakan pemerintah itu memiliki harapan yang sanagt besar pada perubahan yang akan terjadi di Papua kelak.


Pada dasarnya kebijakan Pemerintah dengan membentuk DOB sepatutnya tidak perlu diragukan apalagi di tentang, biar bagaimanapun apa yang ditentukan adalah untuk kemajuan Papua bersama. Keistimewaan-keistimewaan yang ada pada Otsus Papua seharusnya menjadikan warga Papua semakin antusias untuk mewujudkan harapan Papua maju, dimana sesuai dengan tujuannya Pemberian Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua dimaksudkan untuk mewujudkan keadilan, penegakan supremasi hukum, penghormatan terhadap HAM, percepatan pembangunan ekonomi, peningkatan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Papua, dalam rangka kesetaraan dan keseimbangan dengan kemajuan provinsi lain. 


saya miris melihat dan mendengar jika ada warga yang berhasil terprovokasi oleh salah satu oknum yang bertentangan dengan pemerintah yang dengan sengaja memberikan informasi-informasi kurang baik mengenai Otsus Papua itu sendiri, sedangkan sudah dengan jelas tujuan semua itu adalah untuk kesejahteraan rakyat papua. 


Dukungan yang diberikan warga tentulah sangat berarti bagi pemerintah, dan saya mensyukuri itu. setidaknya ada titik cerah dimana akhirnya Otsus Papua bisa diterima oleh warga, dan semakin terang harapan kita untuk melihat warga papua yang sejahtera. Semoga dengan dukungan ini dapat membuka mata dan rasionalisme warga lainnya bahwa Otsus Papua bukanlah untuk kepentinga negara, namun itu semua untuk rakyatnya. 


Semoga langkah-langkah yang akan dilakukan pemerintah dalam menjalankan DOB tersebut bisa segera memberikan hasil dan dapat menunjukkan bahwa warga Papua berhak untuk sejahtera

No comments

Powered by Blogger.