Header Ads

Kebiasaan Prokes saat Pandemi Covid-19, Penting untuk Cegah Penyakit Infeksi

  

JAKARTA - Aturan gaya hidup sebagai dampak dari terjadinya Pandemi Covid-19 dinilai memiliki manfaat besar bagi kehidupan secara global. Dengan adanya pandemi tersebut, manusia dipaksa untuk bisa lebih menerapkan pola hidup dalam aktivitas sehari-hari.

Dokter Spesialis Gizi, Karin Wiradarma mengatakan, sebelum Covid-19 kebanyakan masyarakat mungkin tidak terbiasa dengan pola hidup sehat, di antaranya mencuci tangan. Namun, setelah terjadi covid, hal-hal tersebut kini telah menjadi kebiasaan baru, yang dianggap sudah menjadi ‘keharusan.’

“Sebelum Covid-19, mungkin kita lebih jarang cuci tangan, kalau habis pergi, nggak langsung ganti baju atau mandi. Nah setelah Covid-19 kita terbiasa melakukan protokol kesehatan. Cuci tangan setelah memegang sesuatu yang kotor, itu harus tetap kita pertahankan,” kata Karin dalam Webinar Series Kemerdekaan Indonesia: Bangkit Bersama Lebih Kuat, Rabu (17/8/2022).

Dijelaskannya, kebiasaan-kebiasaan tersebut dinilai memiliki manfaat besar, jika terus diterapkan. Dia beralasan, kebiasan hidup sehat itu, tidak hanya bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyebaran virus Covid semata.

“Karena itu bagus untuk menjaga, supaya terhindar dari penyakit infeksi. Tidak Cuma covid, tapi penyakit infeksi lainnya,” beber dia.

Karin menjelaskan, hingga saat ini Indonesia belum bisa terbebas dari penyakit infeksi. “Karena memang Indonesia sendiri masih belum terbebas dari penyakit infeksi. Untuk menjaga kesehatan keluarga, harus ada motivasi. Kalau tidak ada, tentunya bosan,” pungkasnya.

Webinar HUT Kemerdekaan ini didukung oleh MNC Play yang merupakan provider internet super cepat unlimited 100% Fiber Optic dan TV kabel berlangganan dengan channel TV Nasional terlengkap di Indonesia.

 

 

No comments

Powered by Blogger.