Header Ads

Pimpinan DPR: Dipimpin Jenderal Sigit, Para Pejabat Polri Kompak Amankan G20


Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad memiliki catatan tersendiri soal pengamanan yang dilakukan Polri saat KTT G20 di Bali. Dia menilai para pejabat utama Polri tampak bekerja kompak di bawah komando Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.


"Saya lihat sendiri pejabat-pejabat utama Polri bekerja dengan kompak di bawah kepemimpinan Pak Kapolri Listyo Sigit Prabowo, yang day to day, jam ke jam, memantau pengamanan seluruh rangkaian acara," kata Dasco kepada wartawan, Sabtu (19/11/2022).

Dasco mengatakan keamanan selama KTT G20 merupakan hasil kerja Polri yang layak diapresiasi. Dia lalu menuturkan tak terlihat adanya friksi-friksi di internal Polri seperti isu liar yang sempat berembus.

"Menurut catatan saya pribadi, bahwa apa yang dilakukan oleh Polri itu hasil kerja yang menurut saya perlu diapresiasi," tegas Dasco.

"Saya lihat semua personel Polri dalam keadaan kompak, bersatu untuk menyukseskan pengamanan G20. Saya tidak melihat di acara G20 ini ada friksi-friksi lagi di lingkungan Polri. Sekali lagi apresiasi yang tinggi terhadap pihak kepolisian," pungkas Dasco.

Seperti diketahui KTT G20 di Bali berjalan lancar hingga akhir. KTT G20 2022 menghasilkan deklarasi Bali 2022.

"Alhamdulillah hari ini kita dapat mengadopsi dan mengesahkan G20 Bali Leaders' Declaration. Ini adalah deklarasi pertama yang dapat diwujudkan sejak Februari 2022," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) di The Apurva, Bali, Rabu (16/11).

Jokowi mengatakan Indonesia terhormat mendapat amanah memegang Presidensi G20. Presidensi G20 Indonesia dimulai dengan harapan untuk berupaya memulihkan ekonomi dunia.

"Presidensi kami dimulai dengan harapan untuk menyatukan niat bersama dalam mewujudkan pemulihan dunia yang inklusif dari pandemi," ujar dia.

Jokowi mengatakan tantangan-tantangan baru muncul setelah itu. Tantangan itu tak hanya menghambat pemulihan ekonomi, tapi juga mengancam dunia terjerumus ke krisis yang lebih dalam.

Indonesia pun berusaha untuk mencari solusi atas masalah tersebut selama menjadi ketua G20 2022

No comments

Powered by Blogger.