Header Ads

Tokoh Adat : Papua Maju Dengan Otsus, Terbukti Banyak Pemekaran

 


PAPUAinside.com, JAYAPURA – Otonomi khusus (Otsus) yang diberikan pemerintah pusat untuk Papua  melahirkan daerah yang unggul di bidang pembangunan dan SDM melalui pemekaran.

Hal ini diungkapkan salah satu tokoh adat pegunungan tengah Papua di Kota Jayapura.

“Karena Otsus, banyak pemekaran kabupaten terjadi, sehingga kita bisa lihat bahkan ada daerah pemekaran sudah maju seperti kabupaten induk, Jayawijaya,” kata Kepala Suku Lapago wilayah Entrop Kota Jayapura, Andius Tabuni di Kota Jayapura, Jumat (27/11/2020).

Ia menilai dari beragam laporan media cetak dan elektronik, menunjukkan bahwa pembangunan terus terjadi disegala bidang, bahkan banyak pelajar dan mahasiswa yang berkuliah dari daerah pemekaran tersebut.

“Seperti di Tolikara, Yahukimo, dan Lanny Jaya, sudah maju pembangunannya, ini contoh saja,” ungkapnya.

Namun, kata dia, patut disayangkan karena pemerintah di provinsi atau di daerah kurang transparan dalam penyerapan dana Otsus yang diberikan hingga puluhan atau ratusan triliunan rupiah.

“Saya sebagai salah satu tokoh adat, akan dipanggil (diminta saran dan masukan, bahkan menyelesaikan persoalan) jika ada masalah, selebih dari itu tidak, sehingga kembali kepada kesibukan saya yakni berkebun,” katanya menyindir.

Andius pun mengharapkan, berharap para tokoh adat dan agama, seharusnya dilibatkan dalam segala hal.

“Perlu dilibatkan dalam masalah ini juga, bukan ada masalah baru dilibatkan. Karena kita tahu bahwa para tokoh ini sangat penting. jangan pas ada masalah baru dipanggil,” tandasnya. **

No comments

Powered by Blogger.