Header Ads

Pemprov NTB dan Polda Gelar Rapat Pimpinan Pastikan Kesiapan Pilkada Serentak 2024

 



Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama Kepolisian Daerah (Polda) NTB, menggelar rapat pimpinan persiapan menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

 

Penjabat Sekertaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi NTB Ibnu Salim, menjelaskan saat ini pemerintah daerah siap mengawal berbagai tahapan Pilkada yang puncaknya akan berlangsung 27 November mendatang.

 

"Pilkada harus menjadi tanggung jawab bersama, pemerintah daerah, partai politik aparat keamanan," kata Ibnu, Rabu (15/5/2024).

 

Pemda NTB juga melakukan berbagai langkah-langkah dalam mengantisipasi permasalahan di Pilkada mendatang diantaranya, menjamin ketersediaan pendanaan Pilkada melalui Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

 

Memastikan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) seakurat mungkin sebagai dasar Komisi Pemilihan Umum (KPU), dalam menyusun Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

 

Kemudian meningkatan partisipasi masyarakat dengan melakukan sosialisasi dengan melibatkan organisasi perangkat daerah (OPD.

 

Membuat desk Pilkada disetiap daerah agar masyarakat bisa mendapatkan informasi dengan akurat, serta mempermudah pengawasan dan evaluasi pelaksanaan tahapan Pilkada.

 

Selain itu, melakukan pemetaan potensi kerawanan konflik pada saat Pilkada, dengan berkoordinasi dengan TNI-Polri serta KPU dan Bawaslu agar tidak mengganggu tahapan Pilkada nanti.

 

Tidak kalah penting, menjamin netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) selama pelaksanaan Pilkada berlangsung.

 

Kapolda NTB Irjen Pol Umar Faroq mengatakan, kegiatan rapat pimpinan tersebut untuk memastikan percepatan transformasi ekonomi yang inklusif, untuk mendukung Indonesia emas 2045. Termasuk mengawal berbagai tahapan Pilkada khususnya di NTB.

 

"Pemilihan kepala daerah harus kita lakukan secara cermat, agar Pilkada berjalan aman dan lancar," pungkap jenderal bintang dua itu.

No comments

Powered by Blogger.