Header Ads

Luncurkan Pilkada 2024, KPU Dompu Ajak Wujudkan Pilkada yang Damai

 

KPU Kabupaten Dompu menggelar peluncuran pemilihan Bupati dan wakil Bupati Dompu tahun 2024. Peluncuran ini untuk menunjukan kebersamaan dalam mewujudkan Pemilu yang bermartabat, sehingga tercipta Pilkada yang damai.

 

“Peluncuran ini dilaksanakan untuk menunjukan kebersamaan dalam mewujudkan Pemilu yang bermartabat. Sekaligus mengharapkan kepada seluruh jajaran penyelenggara, baik itu lembaga teknis di bawah KPU maupun di Bawaslu, untuk selalu menjaga integritas kita dalam mensukseskan Pemilu, demi Dompu yang kita cintai bersama,” harap Ketua KPU Dompu, Arif Rahman, SH dalam sambutannya pada acara peluncuran Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Dompu tahun 2024 di taman Kota Dompu, Sabtu, 25 Mei 2024.

 

 

Acara peluncuran ini dihadiri juga oleh Bupati Dompu, H. Kader Jaelani didampingi istri dan wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST, MT., Ketua DPRD Dompu, H. Andi Bachtiar, A.Md.Par., Sekda Dompu, Gatot Gunawan PP, SKM, MMKes., para pimpinan Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2024, dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Kabupaten Dompu.

 

Dari jajaran KPU, selain dihadiri semua komisioner KPU Kabupaten Dompu, juga dihadiri oleh Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Provinsi NTB, Mastur, MA., Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Provinsi NTB, Agus Hilman, dan Sekretaris KPU Provinsi NTB, Asep Suhlan. Hadir juga para komisioner KPU Kabupaten Bima, dan KPU Kota Bima.

 

Arif Rahman juga menyampaikan harapannya, agar Pilkada Dompu tahun 2024 ini dilaksanakan dengan penuh kedamaian, kendati berbeda pilihan. “Mari kita melaksanakan Pilkada ini penuh kekeluargaan, penuh silaturrahmi, sehingga tercipta kedamaian yang kita harapkan bersama untuk kesejahteraan Dompu kedepannya,” harapnya.

 

Peluncuran yang juga dihadiri anggoa PPK se Kabupaten Dompu dan para calon anggota PPS yang dilantik, Minggu, 26 Mei 2024 untuk menjaga integritas, menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilkada. Sebagai penyelenggara, oleh negara mengamanahkan untuk melaksanakan setiap tahapan pemilu dengan baik, sehingga bisa memajukan daerah masing-masing dari proses pemilihan.

 

Sementara Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi NTB, Mastur, MA yang mewakili KPU Provinsi NTB dalam sambutannya, kembali mengingatkan pesannya selama ini kepada para penyelenggara pemilu. Yaitu untuk hati – hati, karena sebagai penyelenggara pemilu berada di pusaran politik. “Saya berharap di Pilkada nanti, kita hati – hati, jaga integritas, jaga independensi, jangan sampai kita partisan, jangan sampai kita terlibat memihak pada salah satu calon. Karena itu adalah bagian dari kode etik yang kita pegang,” tegasnya.

 

Ia juga mengingatkan kepada lembaga ad hoc yaitu PPK dan PPS untuk berada di tengah – tengah atau independen. Sebagai bagian dari penyelenggara harus bisa memastikan proses rekrutmen kepemimpinan daerah ini berjalan dengan baik, jujur, adil, sehingga nanti menghasilkan pemimpin yang akan mensejahterakan rakyat Dompu pada umumnya.

 

Dalam setiap tahapan Pilkada, sebagai penyelenggara tidak bisa bekerja sendiri. Tapi harus kolaborasi yang baik dengan semua elemen, termasuk semua peserta Pilkada yaitu partai politik maupun calon kepala daerah untuk memastikan proses Pilkada di Kabupaten Dompu berjalan dengan baik.

 

“Kita tidak mungkin melakukannya sendiri, maka kita harus berkolaborasi, bersama -sama untuk memastikan proses pemilihan Bupati Dompu khususnya, dan tentu saja nanti disertai dengan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur NTB,” katanya.

 

Bupati Dompu, H. Kader Jaelani dalam sambutannya memberikan apresiasinya kepada KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilu bersama jajaran di bawahnya. Kolaborasi yang baik harus dilakukan untuk mewujudkan Pilkada yang bermartabat. “Pemerintah daerah siap berkolaborasi dan mendukung untuk mewujudkan Pilkada Dompu yang bermartabat,” katanya.

 

Untuk mewujudkan Pilkada Dompu yang damai, dibutuhkan peran serta semua pihak. Setiap potensi konflik horizontal harus bisa diantisipasi sejak dini. Seperti pada Pemilu 2024 lalu, Dompu berhasil melaksanakan dengan damai. Kesuksesan ini diharapkan berlanjut di Pilkada serentak 27 November 2024 mendatang. “Kita berharap pada peserta Pilkada, agar bisa menjaga sportifitas, santun dalam berkampanye,” katanya.

 

Sementara Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST, MT yang sempat menyumbangkan lagu daerah Ngahi Rawi Pahu bersama Bupati, juga menyampaikan harapannya agar semua pihak bisa menjaga Pilkada Dompu dengan damai. Perbedaan pilihan itu hal yang lumrah, tapi jangan karena karena perbedaan itu menyebabkan perpecahan. “Siapapun yang terpilih nanti, mari kita dukung bersama untuk kemajuan Kabupaten Dompu yang kita cintai,” harapnya.

No comments

Powered by Blogger.