Header Ads

Kejar Target Tuntas 2020, Proyek “By Pass” LIA – KEK Mandalika Dipecah Empat Paket


PORTALNTB.ComPembebasan lahan untuk proyek jalan by pass Lombok International Airport (LIA) – KEK Mandalika ditargetkan tuntas Desember mendatang. Untuk mengejar proyek strategis tuntas 2020, Kementerian PUPR akan memecah pengerjaan proyek senilai Rp1,4 triliun tersebut menjadi empat paket.

‘’Januari sudah dilelang untuk pengerjaan konstruksinya.  Konstruksi harus selesai Desember 2020,’’ kata Kepala Dinas PUPR NTB, Ir. H. Azhar, MM dikonfirmasi di Mataram, Selasa, 22 Oktober 2019.
Ia menjelaskan, setelah pembebasan lahan tuntas akhir tahun ini. Selanjutnya, pada Januari 2020 dilakukan pelelangan. Untuk proses lelang diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 2,5 bulan. Ia mengharapkan, Pokja yang melakukan pelelangan agar profesional, supaya jangan sampai proyek tersebut gagal lelang.
‘’Karena jalan by pass sepanjang 17 Km itu akan jadi empat paket. Karena itu besar. Pengerjaannya serentak. Dalam 17 Km itu sudah dibagi titik-titiknya,’’ terangnya.
Azhar mengungkapkan, saat ini tim appraisal sudah bekerja di lapangan. Dikatakan, biaya untuk pembebasan lahan proyek tersebut membengkak. Semua Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah IX Mataram menyiapkan anggaran pembebasan lahan sebesar Rp147 miliar. Namun ternyata kebutuhannya mencapai Rp300 miliar.
Ia mengatakan pendataan ang dilakukan BPN by name by address sudah selesai. Ada beberapa warga yang masih belum tuntas terkait dengan masalah pembebasan lahan karena persoalan internal keluarga mereka. ‘’Kurang dari 25 persen bisa kita titip di pengadilan uang pembebasan lahannya,’’ tandas mantan Kepala Biro AP dan LPBJP Setda NTB ini.
Jalan penghubung dari bandara ke Sirkuit Mandalika ini panjangnya sekitar 17 Km. Rencananya akan dibangun jalan empat jalur dan delapan lajur. (PN)





No comments

Powered by Blogger.