Header Ads

Pemberitaan Media Asing tentang Penembakan 6 Simpatisan Rizieq Shihab

 

Kasus penembakan enam orang simpatisan Pemimpin Front Pembela Islam ( FPI) Rizieq Shihab di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Kilometer 50, Senin (7/12/2020) masih ramai diperbincangkan. Tidak hanya di Indonesia, kasus tersebut juga menjadi pembahasan di luar negeri. Hal itu setelah sejumlah media asing juga turut memberitakan.  Berikut ini sejumlah pemberitaan media asing mengenai kasus penembakan terhadap simpatisan FPI tersebut: 

1. Al Jazeera Media Timur Tengah yang berbasis di Qatar menurunkan berita tentang penembakan polisi terhadap 6 orang yang disebut sebagai pendukung Rizieq Shihab. Berita diturunkan pada Senin (7/12/2020) dengan judul "Indonesia police kill six suspected supporters of hardline leader". Al Jazeera banyak mengutip keterangan dari pihak Kepolisian Republik Indonesia, ditambahkan dengan background sosok Rizieq Shihab. Keterangan tersebut berasal dari Kapolda Metro Jaya Fadil Imran dengan mengutip pemberitaan surat kabar Kompas. Disebutkan Fadil bahwa kelompok itu membawa senjata api dan senjata tajam. Selain itu Al Jazeera juga menyinggung kasus-kasus Rizieq seperti dugaan pelanggaran aturan Covid-19, kasus pornografi, dan penistaan agama. Di sisi lain media tersebut tidak menuliskan kronologi peristiwa penembakan dari versi FPI.

2. VOA Salah satu media yang memberitakan dua sisi adalah Voice of America (VOA). Berita yang diturunkan pada Senin (7/12/2020), menggunakan judul "Indonesian Police Kill Supporters of Hardline Cleric in Jakarta Highway Clash". VOA menulis kejadian versi polisi dan versi juru bicara Rizieq Shihab. Menurut petugas kepolisian, petugas sedang membuntuti irung-iringan mobil yang membawa pengikut Rizieq Shihab setelah tengah malam.

3. The New York Times Media asing The New York Times juga memberitakan peristiwa tersebut pada Senin (7/12/2020). Adapun judul yang digunakan adalah "Police in Indonesia Kill 6 Followers of Hard-Line Cleric". Media asal Amerika Serikat itu menuliskan versi polisi dan versi FPI. Keterangan polisi yang digunakan yakni keterangan Kapolda Metro Jaya Fadil Imran.

4. Channel News Asia Media yang berbasis di Singapura itu juga memberitakan penembakan 6 orang simpatisan FPI oleh polisi. Judul yang diturunkan adalah "Indonesian police shoot dead 6 supporters of firebrand cleric". Namun pemberitaan CNA lebih banyak mengutip statemen dari pihak Kapolda Metro Jaya Fadil Imran. "Ketika petugas kami mengikuti mobil pengikut, mereka mendekat dan menyerang kami menggunakan senjata dan benda tajam," kata Imran kepada wartawan ditulis Channel News Asia. Fadil Imran mengatakan polisi terpaksa membela diri ketika 10 pendukung Rizieq Shihab menyerang mereka di jalan tol sekitar 50 km timur ibukota Jakarta. Selain itu isi berita menyebutkan bahwa Rizieq akan diperiksa karena diduga melanggar batasan Covid-19 saat mengadakan pesta pernikahan putrinya. Tak hanya itu Channel News Asia juga menulis tentang FPI yang berusaha menetapkan hukum syariah di negara Indonesia, peristiwa kepergian Rizieq ke Arab Saudi hingga tidak dibolehkan pulang oleh pihak Saudi, serta hal-hal lain terkait FPI.


No comments

Powered by Blogger.