Header Ads

Rizieq Shihab Dapat Penghargaan Ulama Tergigih dari Malaysia, Cek Faktanya!

 


Ketua Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab saat ini masih menjadi tahanan Polda Metro Jaya. Penahanannya terkait pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 di Petamburan, Jakarta Pusat.

Namun, baru-baru ini beredar kabar mengenai dirinya yang diklaim mendapat penghargaan dari Malaysia sebagai ulama gigih.

Kabar tersebut dibagikan oleh akun Facebook Muhammad Anwar yang mengunggah sebuah video disertai narasi sebagai berikut:




“ Di Malaysia HRS mendapat penghargaan sebagai ulama yang gigih dan simbol menentang kesewenang – wenangan.”

Lantas, benarkah Habib Rizieq Shihab mendapat penghargaan sebagai ulama gigih dari Malaysia?

Cek Fakta
Berdasarkan hasil penelusuran dilansir dari lama Turn Back Hoax, video yang dibagikan akun Facebook tersebut berasal dari acara Malam Anugerah Moeslim Choice Award di Jakarta Pusat pada 2018 lalu.

Saat itu, Rizieq Shihab meraih penghargaan untuk kategori Ulama Awards dan videonya diunggah oleh kana YouTube MazzikaRecord pada 13 Desember 2018.

Menantu dari Habib Rizieq, Habib Muhammad Hanif bin Abdurrahman Alatas, datang mewakili lantaran HRS masih berada di Mekah, Arab Saudi saat itu.

Selain Habib Rizieq, penceramah lain yang juga mendapatkan penghargaan untuk kategori Ulama Awards yaitu Ustaz Adi Hidayat, Ustaz Haikal Hasan, dan Ustazah Munifah Syanwani.

Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelusuran, klaim tentang Rizieq hihab yang mendapat penghargaan dari Malaysia tidak benar.

Oleh sebab itu, informasi yang dibagikan akun Facebook masuk ke dalam kategori hoaks misleading content atau konten yang menyesatkan.

Sumber: turnbackhoax.id


No comments

Powered by Blogger.