Header Ads

Kemenkes: Vaksin Terbukti Efektif Cegah Penularan Varian Delta

Ilustrasi


Jakarta: Vaksin covid-19 yang ada di Indonesia terbukti efektif mencegah penularan varian B.1.617.2 atau Delta. Selain itu, vaksin masih ampuh mencegah fatalitas.

"Vaksinasi yang kita lakukan saat ini terbukti efektif mencegah keparahan serta kematian akibat infeksi Varian Delta," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, melalui akun YouTube Lawan Covid 19 ID dikutip Kamis, 19 Agustus 2021.

Nadia meminta masyarakat tak ragu divaksinasi. Sebab, pemerintah dan sejumlah pihak telah memberikan vaksin cuma-cuma.

"Jangan tunda bila kesempatan. Kalau sudah ada di daerah Anda disampaikan ke semua masyarakat bahwa vaksinasi gratis," ucap Nadia.

Juru bicara vaksinasi covid-19 Kemenkes ini menuturkan Varian Delta masih terdeteksi cukup tinggi di Aceh, Sumatra Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua. Pemerintah daerah diminta meningkatkan pencegahan penularan.

"Maka kita harus selalu waspada, Indonesia terus berusaha melakukan kegiatan untuk melakukan sekuensing untuk memantau penyebaran varian baru, baik yang berasal dari luar maupun dari lokal," ujar Nadia.

Vaksin untuk Indonesia


Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.

"Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.

Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.

No comments

Powered by Blogger.