Header Ads

Jokowi ke Cianjur Lagi Senin Depan, Serahkan Bantuan Perbaikan Rumah


Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal berkunjung lagi ke Cianjur, Jawa Barat pada Senin pekan depan. Jokowi akan menyerahkan bantuan perbaikan rumah kepada warga yang terdampak bencana gempa bumi Cianjur beberapa waktu lalu.

"Insyaallah hari Senin Bapak Presiden akan menyerahkan bantuan langsung. Untuk perbaikan rumah, mulai dari rusak rumah (rusak) ringan, sedang, berat. Yang sudah terverifikasi untuk rombongan pertama ini sekitar 8.000 yang nanti akan diserahkan langsung oleh Bapak Presiden," kata Menko PMK Muhadjir Effendy di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (1/12/2022).

Muhadjir menjelaskan alasan Jokowi datang langsung untuk menyerahkan bantuan kepada warga. Muhadjir ingin masyarakat segera bangkit dan hidup kembali normal.

"Ini karena untuk segera menggairahkan masyarakat. Kan kalau masyarakat sudah dapat langsung dari Pak Presiden, kita harapkan masyarakat segera tidak merasa kondisi bencana lagi, tetapi sudah mulai hidup. Mulai bangkit kembali, terutama dari sektor ekonomi kan tidak boleh berlama-lama," ujar Muhadjir.

Muhadjir menjelaskan total rumah yang bakal diperbaiki sekitar 60 ribu. Namun jumlah itu masih dalam tahap verifikasi.

"Tapi nanti kan setelah didata kemudian di verifikasi dulu, dipastikan. apakah memang sesuai dengan daftar yang disampaikan dari pihak kelurahan itu memang sesuai. Dan kita sudah melibatkan PT lalu kementerian PUPR dan BNPB, utamanya PT yang punya fakultas teknik sipil," ujar Muhadjir.

Selain itu, Muhadjir juga mengatakan pemerintah berupaya agar fasilitas umum di Cianjur dibangun lagi. Dengan demikian, kata Muhadjir, semua sektor terutama pendidikan dapat kembali berjalan.

"Sekarang sudah mulai kita tangani untuk fasum, utamanya di sektor pendidikan sehingga jangan sampai pendidikannya berlama-lama terbengkalai, baik nanti ada sekolah-sekolah sementara atau darurat, maupun untuk menangani sekolah-sekolah madrasah,"

No comments

Powered by Blogger.