Header Ads

DPRD NTB Ajak Warga Jalani Pemilu Damai



Hari pemilihan umum sudah di depan mata. Pesta demokrasi akan segera tiba. Waktu untuk memilih dan menentukan pemimpin negara dan wakil rakyat untuk lima tahun ke depan akan segera dilaksanakan bersama-sama.


Untuk itu, Ketua DPRD NTB Hj Baiq Isvie Rupaeda mengajak semua pihak di NTB untuk menyukseskan semua tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) dengan partisipatif dan damai.


“Saya mengajak semua pihak untuk menyalurkan hak pilihnya dengan damai dan partisipatif,” kata Isvie kepada awak media, kemarin (3/1).


Keamanan dan ketertiban masyarakat selama proses pemilu menjadi tanggung jawab semua pihak. Terutama tokoh agama, tokoh masyarakat dan wabilkhusus peserta pemilu sendiri. Politisi partai Golkar itu mengimbau kepada masyarakat di 10 kabupaten/kota untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi pesta demokrasi mendatang dengan baik.

 

Menurutnya, semua pihak mesti secara aktif memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk turut memberikan hak suaranya. Namun selain berpartisipasi, masyarakat juga diharapkan bersama-sama menjaga kondusifitas yang terjadi. Jangan sampai perbedaan pilihan justru memecah belah masyarakat itu sendiri.


“Kita juga harus menjaga suasana kondusif di tengah persaingan tiga calon presiden,” jelasnya.


Selain peserta pemilu, tim pemenangan masing-masing calon juga menurutnya menjadi juru kunci dalam menghasilkan pemilu yang damai. Kata Isvie, sudah sepatutuny tim sukses menjunjung nilai demokrasi yang sehat dengan tidak saling menjatuhkan atau menyerang pribadi masing-masing calon.


Ia mengingatkan agar tim pemenangan berfokus pada visi dan misi, juga program calon yang membawa kebermanfaatan dan sekaligus pengetahuan bagi masyarakat. Bukan sebaliknya mengedepankan kampanye hitam.


Jangan sampai ada saling menjelek-jelekkan. Itu akan merusak citra demokrasi kita. Sikap santun, toleransi, dan saling menghormatilah yang harus dikedepankan,” pungkasnya.

No comments

Powered by Blogger.