Header Ads

Otorita IKN Ajak Negara Asia-Pasifik Kolaborasi Ciptakan Kota Berkelanjutan



Kerja sama dan kolaborasi dalam menciptakan sebuah kota yang berkelanjutan harus dikedepankan untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) pun mengajak negara Asia-Pasifik meningkatkan kolaborasi.


“Mari bersama-sama melalui kolaborasi dan inovasi mengambil langkah-langkah yang signifikan menuju penciptaan kota berkelanjutan untuk generasi mendatang," kata Kepala Otorita IKN Bambang Susantono pada forum The Rise of New and Emerging Cities in Asia: Leveraging VLRs for a Sustainable Urban Future di sela-sela acara Asia-Pacific Forum on Sustainable Development di United Nations Coeference Center, Bangkok, Thailand pada Kamis (22/2/2024).


Bambang menjelaskan, pada forum tersebut membahas bagaimana usaha beberapa negara terkait tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Salah satu usaha Indonesia terkait SDGs tersebut adalah dengan melalui Voluntary Local Review (VLR) Nusantara.


Pada dasarnya VLR Nusantara berbeda dengan VLR pada umumnya. Hal yang menjadi pembeda VLR Nusantara di sini dimana Ibu Kota Nusantara masih dalam proses membangun tetapi sudah berkomitmen untuk berkontribusi pada SDGs


"VLR Nusantara ini akan membantu Otorita Ibu Kota Nusantara untuk menyelaraskan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan, seperti menyelaraskan pembangunan dengan alam, meminimalisir emisi karbon, efisiensi melalui teknologi, dan menyediakan kesempatan ekonomi bagi semua. Hal tersebut dilakukan sehingga mampu menciptakan kota yang green, inclusive, resilient, dan sustainable," ujar Bambang.


VLR sangat diperlukan dalam kehidupan sebuah perkotaan, hal itu sesuai dengan pernyataan Armida Salsiah Alisjahbana selaku Under-Secretary General untuk PBB dan ESCAP Executive Secretary, dalam sesi tersebut.


“VLR dapat digunakan untuk mengidentifikasi gap, tantangan, dan rencana jangka panjang dalam kehidupan perkotaan”, ungkap Armida.


Mengacu kepada pendekatan SDGs dengan menggunakan prinsip 5P, VLR Nusantara memiliki fokus kepada 12 goals yang dapat mencakup kelima prinsip tersebut, antara lain; prinsip people (goals 1, goals 3, goals 5), prosperity (goals 7, goals 8, goals 9, goals 10), planet (goals 6, goals 11, goals 13), peace (goals 16), dan partnership (goals 17)

No comments

Powered by Blogger.